Saturday, January 21, 2012

Portofolio

 

http://nign.jardiknas.org/


Internal
  • Ujian Nasional (UN)
    NISN digunakan sebagai kelengkapan dan acuan data bagi siswa-siswa peserta Ujian Nasional untuk tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK untuk dapat didaftarkan sebagai peserta Ujian Nasional dan mendapatkan Nomor Ujian Nasional.
    Tautan : Surat Edaran - Pemanfaatan NISN untuk Pendataan Peserta UASBN 2011
  • Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
    Merupakan salah satu instrumen program penjaminan mutu pendidikan nasional yang dikelola oleh Badan SDM dan PPMP Kemdiknas. Ada 2 jenis Instrumen EDS, yaitu: EDS versi Sekolah dan EDS versi Supervisor (Tim Pendamping/Pengawas). Instrumen EDS versi Sekolah ini akan disusun dan dikirim oleh setiap sekolah di seluruh Indonesia secara periodik di setiap awal tahun ajaran ke pusat. Adapun EDS versi Supervisor (Tim Pendamping/Pengawas) akan disusun dan dikirim ke pusat secara periodik dalam waktu tertentu. Berdasarkan kedua versi instrumen EDS ini akan direkam perkembangan mutu pendidikan mulai tingkat sekolah, dinas pendidikan kota/kabupaten, provinsi hingga nasional dari tahun ke tahun. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas maka pengumpulan dan pengolahannya diberikan fasilitas ekspor/impor instrumen EDS yang terintegrasi layanan web operator DAPODIK secara online.
    Tautan : Surat Edaran - Program EDS Terintegrasi DAPODIK Periode 2011
     
  • Bidik Misi
    Beasiswa pendidikan bagi calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010 meluncurkan program Beasiswa Bidik Misi untuk memberikan beasiswa dan biaya pendidikan kepada 20.000 mahasiswa dan atau calon mahasiswa dari keluarga yang secara ekonomi kurang mampu dan berprestasi, baik di bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstrakurikuler.

    NISN digunakan sebagai kelengkapan dan acuan data siswa dalam pendaftaran beasiswa Bidik Misi dan NPSN digunakan sebagai kelengkapan dan acuan data sekolah dalam merekomendasikan siswa-siswanya untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi.
    Tautan : Website Bidik Misi , Facebook Bidik Misi
     
  • SchoolNet
    SchoolNet adalah zona sekolah di dalam Jejaring Pendidikan Nasional [JARDIKNAS]. Program ini telah menghubungkan internet di 6.500 sekolah tahun 2007, 15.000 sekolah di tahun 2008, dan 25.580 sekolah di tahun 2009. Schoolnet dikelola oleh Pustekkom Kemdiknas. NPSN dari Dapodik digunakan untuk salah satu acuan data yang diberikan fasilitas SchoolNet.

    Tautan : Website Schoolnet Indonesia , Facebook Schoolnet Indonesia
Eksternal
SIAP Online
Layanan dari PT. Telkom Indonesia yang menyediakan total solusi layanan aplikasi online terpadu untuk dunia pendidikan Indonesia. Yang disediakan antara lain adalah Sistem Informasi Sekolah dan Dinas Pendidikan, Website Sekolah dan Dinas Pendidikan, Jejaring Sosial Pendidikan, Penerimaan Peserta Didik Baru Online. Fasilitas dari Dapodik yang digunakan adalah API Dapodik, NISN, NPSN, dan NUPTK.

No comments:

Post a Comment