Rapat Pembahasan Kurikulum Prototipe SDN Mojoagung 02 |
Pada hari ini Jum’at tanggal Sepuluh bulan Desember tahun Dua Ribu Dua Puluh Satu pukul 07.30 WIB bertempat di Sekolah Dasar Negeri Mojoagung 02 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Trangkil telah dilaksanakan Rapat Guru dan Pengawas TK/SD Badin III Kec. Trangkil tentang Pembahasan Prototipe Tahun Pelajaran 2022/2023. Rapat kali ini dihadiri oleh semua pendidik dan tenaga pendidik SD Negeri Mojoagung 02.
Pada kesempatan kali ini Ibu Jumi'ah,S.Pd,M.Pd selaku Pengawas TK/SD Dabin III Kec. Trangkil memberikan materi tentang Kurikulum Prototipe.
Ibu Jumi'ah,S.Pd,M.Pd-Pengawas TK/SD Dabin III |
2500 sekolah penggerak saat ini sudah menggunakan Kurikulum Prototipe.
Pada tahun 2022-2024 satuan pendidikan mendapatkan opsi/pilihan kurikulum tambahan yaitu kurikulum prototipe bagi semua satuan pendidikan. dan pada tahun 2024 akan dilaksanakan evaluasi terhadap kurikulum pada masa pandemi pemulihan pembelajaran untuk menentukan kurikulum yang akan diterapkan secara nasional.
Karakteristik Kurikulum Prototipe
Kurikulum Prototipe sebagai kelanjutan arah pengembangan kurikulum sebelumnya yaitu berorientasi holistik, berbasis kompetensi dan kontekstualisasi dan personalisasi.
kurikulum prototipe memiliki karakteristik utama guna mendukung pemulihan pembelajaran yaitu :
1. Pengembangan Karakter
kurikulum prototipe pembelajaran berbasis projek untuk mengembangkan soft skills serta karakter (iman, taqwa, dan akhlak mulia, gotong royong, kebinekaan global, kemandirian, nalar kritis, kreativitas)
dalam struktur kurikulum prototipe 20%-30% jam pembelajaran digunakan untuk pengembangan karakter profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran berbasis projek. melalui pembelajara berbasis projek dapat mengembangkan karakter karena
- memberikan kesempatan untuk belajara melalui pengalaman
- mengintegrasikan kompetensi esensial yang dipelajarai peserta didik dari berbagai disiplin ilmu
- struktur belajar yang fleksibel
2. Fokus pada Materi Esensial (Literasi dan Numerasi)
Fokus pada materi esensial dengan tujuan adanya kecukupan waktu untuk belajar yang mendalam pada kompetensi dasar Literasi dan Numerasi.
Pengalaman belajara yang mendalam dapat diterapkan dengan metode pembelajaran diskusi, kerja kelompok, pembelajaran berbasisi problem dan projek. metode pembelajran ini sanggat memerlukan waktu yang panjang, jika materi pelajaran terlalu padat maka guru akan lebih memilih metode ceramah satu arah dengan tujuan menuntaskan materi.
namun kurikulum prototipe berfokus pada materi esensial pada setiap mata pelajaran gune memberikan ruang dan waktu bagi pengembangan kompetensi yang mendasar seperti Literasi dan Numerasi secara mendalam
3. Fleksibilitas Perencanaan Kurikulum Sekolah dan Penyusunan Rencana Pembelajaran
Feksibilitas bagi guru melakukan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa serta penyesuaian dengan konteks dan muatan Lokal.
Kurikulum Prototipe menetapkan tujuan pembelajaran per fase (2-3 tahun ) untuk memberikan fleksibilitas bagi guru dan sekolah, serta jam pembelajaran pertahun agar sekolah dapat berinovasi dalam menyusun kurikulum dan pembelajaran
Struktur Kurikulum Prototipe
berikut ini struktur kurikulum Prototipe di setiap jenjang dasi PAUD, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
Unduh File Kebijakan Kurikulum Prototipe
berikut kami bagikan link unduh File Pdf ( Kepala BSKAP Metri Sosialisasi Kurikulum Prototipe dengan komisi X DPR ) dibawah ini untuk dapat di pahami lebih lengkap
Demikian yang dapat sampaikan tentang opsi kurikulum baru tahun 2022 kurikulum prototipe. semoga bermanfaat dan mohon selalu masukan dan komentarnya untuk memberi semangat kami memberikan informasi-informasi terkait pendidikan.
Post by : SDN Mojoagung 02
No comments:
Post a Comment